Kemendag Kembangkan Startup Berbasis Ekspor

126 views

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) ikut membantu kembangkan perusahaan rintisan ( startup) yang berbasis ekspor. Salah satunya melalui, penyelenggaraan Export Startup Competition (Export SC).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Arlinda mengatakan, program pengembangan perekonomian nasional perlu memberi perhatian pada lebih banyak pelaku usaha baru, khususnya dari kalangan generasi muda.

"Pengembangan pelaku usaha baru tidak hanya dimaknai sebagai memfasilitasi lahirnya pebisnis baru, tetapi juga pengembangan usaha bisnis baru," ujar Arlinda dalam keterangannya, Minggu (15/10/2017).

Saat ini, terang dia, pengembangan startup yang berbasiskan teknologi dan inovasi menjadi modal utama untuk menciptakan nilai tambah dan membangun daya saing.

"Pengembangan startup, yang sedang digandrungi anak muda, perlu mendapat perhatian dari para pemangku kepentingan yaitu pemerintah, perguruan tinggi, lembaga riset, inkubator, perusahaan besar termasuk BUMN, perbankan, lembaga keuangan, serta media massa," jelas dia.

Baca juga  Multitafsir Harga Acuan Beras Timbulkan Ketakutan

Kompetisi Export SC digelar oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia (PPEI) Kemendag bekerja sama dengan KADIN Indonesia Bidang Perdagangan, dan National Startup Centre (NSC).

Terdapat dua kategori yang dilombakan dalam Export SC, yaitu home & office decor serta food. Sebanyak 22 peserta turut berpatisipasi dalam kompetisi ini. Mereka adalah para pengusaha pemula atau calon pengusaha yang sudah atau bermaksud mendirikan perusahaan startup berorientasi ekspor dari wilayah Jabodetabek.

Penilaian pada Export SC ini dilakukan dengan menggunakan tujuh kriteria di antaranya ide kreatif atau inovasi, khususnya dalam pengembangan produk dan layanan untuk menghasilkan produk yang unik dan memiliki nilai tambah.

Baca juga  Pedagang beras menantikan operasi pasar

Kemudian, pengembangan dan pemanfaatan teknologi yang menjadi kunci penting bagi penumbuhkembangan startup berdaya saing. Terakhir, efek sosial atau pengaruh positif yang ditimbulkan bagi lingkungan dari usaha yang dijalankan.

"Melalui Export SC diharapkan akan lahir inovasi usaha dan pengembangan teknologi terapan yang mengikutsertakan segenap komponen bangsa, khususnya para generasi muda dalam rangka mengembangkan ekspor nasional," pungkas dia.

Sumber http://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/15/182238226/kemendag-kembangkan-startup-berbasis-ekspor

Tags: #Beras #ekspor beras #Kemdag

banner 300x280

Leave a reply "Kemendag Kembangkan Startup Berbasis Ekspor"

Author: 
author